9 Cara Menggunakan Oregano Oil yang Tepat

Oregano adalah herbal asli daerah Mediterania. Bahan Ini telah digunakan untuk tujuan kuliner selama berabad-abad.

Tanaman ini tumbuh hingga 90 sentimeter, dengan daun hijau gelap yang panjangnya dua hingga tiga sentimeter. Minyak Oregano (oregano oil) dihasilkan dari daun dan bunga dari spesies tanaman vulgare origanum.

Ditemukan bahwa minyak oregano efektif dalam membunuh bakteri staphylococcus, dan 25 bakteri lain yang berbeda. ‚ÄĚDikatakan bahwa Minyak oregano, bila disuling dengan benar dari bunga dan daun tanaman oregano, bisa menjadi salah satu antibiotik paling kuat di alam.

Kompas pernah melansir artikel tentang manfaat dan rasa yang khas dari oregano, silahkan disimak.

9 Cara Menggunakan Oregano Oil Untuk Kesehatan yang Lebih Baik

(1) Untuk Masalah Pencernaan

Minyak oregano mengobati kondisi pencernaan seperti parasit, bisul, keracunan makanan, dan infeksi bakteri. Dapat merangsang produksi jus pencernaan. Itu juga dapat meningkatkan jumlah enzim yang diperlukan untuk pencernaan yang baik. Pencernaan yang baik dapat memberi tubuh semua nutrisi penting dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

(2) Untuk Sistem Imun

Minyak oregano adalah pilihan yang sangat baik untuk meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh terhadap tenggorokan dingin atau sakit. Anda dapat mengambil 3 tetes minyak oregano dalam sehari atau mencampurnya ke dalam segelas jus jeruk dan melihat hasilnya dalam beberapa jam. Minyak oregano harus diambil hingga 5 hari untuk menghilangkan gejala sepenuhnya.

(3) Untuk Pereda sakit

Minyak oregano dapat digunakan secara eksternal untuk menghilangkan rasa sakit dan nyeri otot, dan telah digunakan untuk meredakan nyeri otot dan sendi yang berhubungan dengan rheumatoid arthritis. Sifat panas dari minyak cenderung berkontribusi pada efek yang menenangkan ini. Pastikan untuk mencampur minyak dengan minyak dasar sebelum dioleskan ke kulit, karena minyak itu sendiri dapat menyebabkan iritasi kulit.

(4) Untuk Masalah pernapasan

Minyak memiliki kemampuan untuk meringankan saluran pernapasan. Itu juga dapat menghilangkan sebagian besar penumpukan yang ditemukan di sinus. Minyak esensial Oregano memiliki efek sedatif, sehingga dapat menenangkan tenggorokan atau paru-paru yang sakit. Kecemasan batuk juga dapat dikurangi dengan bantuan minyak oregano.

Cara Menggunakan Oregano Oil

Cara Menggunakan Oregano Oil

(5) Untuk Sesak Napas dan Tersumbat

Encerkan dalam minyak atau losion pembawa favorit Anda dan aplikasikan ke area dada. Untuk hidung tersumbat, coba tambahkan satu atau dua tetes minyak esensial oregano pada saputangan bersih dan hirup uap.

(6) Untuk Anti-bakteri

Minyak oregano juga mengandung timol, bahan yang digunakan dalam banyak obat kumur untuk memerangi bakteri, plak dan bau mulut. Coba tambahkan satu atau dua tetes minyak oregano pada sikat gigi Anda dengan atau tanpa pasta gigi.

(7) Untuk Sifat anti-alergi

Jika Anda tidak alergi terhadap basil, mint atau lavender, maka minyak oregano dapat membantu mengurangi reaksi alergi lainnya. Minyak Oregano memiliki sifat antiviral dan antimikroba. Sifat-sifat itu dapat membantu tubuh melawan rangsangan eksternal yang menyebabkan alergi.

(8) Untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ini adalah sumber potasium yang sangat baik, komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol denyut jantung yang cepat dan tekanan darah yang disebabkan oleh asupan natrium yang tinggi. Antioksidan pencegah penyakit yang ada di oregano dipercaya untuk membantu mencegah dan memperbaiki stres oksidatif dan penyakit jantung.

(9) Untuk Mengobati ketombe

Campurkan 3 atau 4 tetes minyak oregano dengan satu sendok makan sampo dan gunakan saat Anda membersihkan kulit kepala dan rambut Anda. Setelah mencuci rambut, pencampuran minyak ini dengan minyak kelapa dan memijat kulit kepala dengan itu, akan membantu Anda menghilangkan ketombe dengan aman.

Sumber Utama: naturalnewsblogs.com/9-ways-use-oregano-oil-better-health/

Sumber Tambahan:

  1. top10homeremedies.com/kitchen-ingredients/top-10-health-benefits-oregano.html
  2. stylecraze.com/articles/benefits-of-oregano-oil-for-skin-hair-and-health/
  3. sustainablebabysteps.com/oregano-oil-health-benefits.html
  4. organicfacts.net/health-benefits/essential-oils/health-benefits-of-oregano-essential-oil.html