Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi Tanpa Obat

Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi Tanpa Obat

Cara menerbitkan dahak pada bayi telah seharusnya diketahui oleh orang tua. Apalagi pada musim hujan dimana bayi rentan terserang penyakit flu ataupun batuk. Penyakit-penyakit itu yang seringkali menimbulkan dahak pada bayi.

Bayi belum dapat mengeluarkan dahaknya sendiri. Padahal dahak itu dapat mengganggu pernapasan dan proses menelan ASI. Bayi seringkali jadi tidak sedikit menangis sebab merasa tidak nyaman dengan adanya dahak tersebut. https://www.bukumedis.com/

Cara menerbitkan dahak pada bayi sebetulnya tidak begitu sulit. Orang tua dapat menolong si bayi menerbitkan dahak dengan sekian banyak cara. Dengan begitu, bayi tidak butuh menangis dan merasa tidak nyaman lagi.

Berikut teknik mengeluarkan dahak pada bayi

Menghirup Uap
Cara menerbitkan dahak pada bayi yang kesatu ialah menghirup uap. Dengan teknik ini, masalah dahak pada bayi bisa teratasi sebab air uap ini dapat menciptakan dahak menjadi lebih encer.

Sehingga dengan melakukan teknik mengeluarkan dahak pada bayi satu ini, dahak menjadi lebih gampang dikeluarkan. Begini teknik mengeluarkan dahak pada bayi dengan mencium uap:

Pertama-tama anda harus menyiapkan baskom mengandung air hangat. Air tersebut dapat dicampur dengan minyak kayu putih atau minyak telon secukupnya

Selanjutnya, bawa bayi menghampiri ke baskom tersebut supaya dia dapat menghirup uap dari air hangat dalam baskom

Bayi diposisikan tengkurap

Dengan tidak banyak menepuk-nepuk punggung bayi, dahak pada bayi perlahan-lahan bakal menjadi lebih encer dan lebih gampang dikeluarkan

Dalam melakukan teknik ini anda wajib berhati-hati. Jangan hingga bayi justeru terjatuh ke dalam baskom dan basah kuyup dengan air hangat tersebut. Di samping itu, tunggu hingga air uapnya tidak terlampau panas supaya tidak berdampak buruk pada wajah si bayi.

Menghangatkan Tubuh Bayi

Cara menerbitkan dahak pada bayi yang kedua ialah dengan menghangatkan tubuhnya. Menghangatkan tubuh bayi ini dapat dilakukan dengan sekian banyak cara. Cara yang kesatu dalam urusan ini dapat dilakukan dengan memandikan bayi atau berendam sejumlah saat di dalam air hangat supaya tubuhnya menjadi hangat. Dengan begitu suhu tubuh bayi menjadi hangat pun dan dahak dapat menjadi lebih encer guna dikeluarkan.

Di samping itu, bayi juga dapat dipakaikan baju hangat dan dioleskan minyak telon pada tubuhnya guna menghangatkannya. Namun, ada sejumlah bayi yang mempunyai alergi dengan minyak telon, jadi simaklah hal ini baik-baik.

Ruangan lokasi bayi berisitirahat mesti dipertahankan kehangatannya dan pun bersih dari debu supaya dahak tidak semakin menumpuk. Dengan menghangatkan tubuh bayi, maka bayi tidak bakal gelisah dan rewel lagi sebab dahaknya sudah dapat dikeluarkan.

Berjemur di Pagi Hari

Cara menerbitkan dahak pada bayi selanjutnya ialah berjemur di pagi hari. Sinar matahari pagi memang paling baik guna kesehatan bayi. Bahkan sinar matahari pagi pun sangat berfungsi untuk orang dewasa sekalipun.

Bahkan dengan mengerjakan salah satu teknik mengeluarkan dahak pada bayi ini, bayi pun mendapatkan guna lainnya laksana pada kesehatan pernapasan dan tulangnya. Dahak bayi bakal menjadi encer ketika menyerap hangatnya sinar matahari pagi, sampai-sampai lebih mudah menerbitkan dahaknya.

Begini langkah-langkah yang perlu dilaksanakan saat bayi berjemur sinar matahari pagi:

Bayi berjemur selama 10 menit di bahwa sinar matahari antara pukul 7-8 pagi.

Posisikan bayi dengan tengkurap di pangkuan, kepalanya tidak banyak lebih rendah dari tubuhnya. Lalu oleskan minyak telon pada dada dan punggungnya

Tepuk-tepuk punggung bayi dengan lembut.

Dengan mengekor langkah-langkah itu maka dahak dari tenggorokan bayi bisa dikeluarkan. Di samping itu, dahak yang tidak terbit dari tenggorokan bayi itu akan tertelan dan dikeluarkan bareng dengan kotoran ataupun urin nantinya.

Sumber : https://www.faunadanflora.com/