Cara Mencegah Stress Pada Kacer

Cara mencegah stress pada kacer – Kacer menjadi salah satu burung kicau yang sering dilombakan. Selain, karena burung ini memiliki suara merdu yang khas, burung kacer juga memiliki banyak variasi dan skil saat berkicau. Apalagi, bila burung kacer memiliki mental yang kuat ditambah suara burung kacer yang ngeplong, kian menjadikan kacer primadona dalam berbagai ajang lomba.

Burung Kacer

Sayangnya, saat kacer mengalami stress, maka suara burung kacer akan pelan dan membisu. Hal ini tentu akan merugikan Anda yang ingin menikmati kacer kesayangan dalam ajang lomba. Nah, berikut ini ada beberapa tips cara mencegah stress pada kacer.

Cara Mencegah Stress Pada Kacer

  • Adaptasi dengan lingkungan

Penyebab stress pada kacer bisa jadi karena masih belum beradaptasi dengan lingkungan atau sangkar. Hal ini terjadi pada burung yang baru dibeli atau burung bakalan. Maka dari itu, usahakan gantang burung kacer di tempat yang sepi terlebih dahulu saat kondisi stress atau macet bunyi. Usahakan tidak selalu menggantang burung kacer berdekatan dengan burung petarung lainnya macam murai batu atau tledekan karena bisa kian menurunkan mental kacer. Tidak lupa berikan kerodong pada sangkar kacer yang stress agar burung bisa istirahat dengan tenang.

  • Berikan pakan tambahan

Untuk membuat suara burung kacer kembali ngeplong, Anda harus rajin memberikan pakan tambahan seperti jangkrik dan kroto dalam porsi lebih banyak. Hal ini untuk meningkatkan kekebalan tubuh kacer yang stress sehingga cepat kembali normal. Berikan pula voer yang mengandung nutrisi lengkap. Anda juga bisa memberikan sedikit garam dapur pada air minum kacer. Ini berfungsi untuk membantu proses pemulihan mental.

  • Pengembunan

Untuk mengembalikan mental kacer, Anda bisa melakukan pengembunan pada kacer yang stress. Keluarkan kacer dari dalam rumah dan tempatkan di pepohonan saat subuh. Terapi ini akan memancing kacer untuk berkicau kembali.

  • Mengurangi penjemuran

Mencegah stress pada kacer ialah dengan mengurangi penjemuran.  Cukup jemur burung kacer selama 2 jam di pagi hari saja. Setelah itu gantang sangkar di tempat yang sejuk dan teduk.

Itu tadi Cara Mencegah Stress Pada Kacer yang dapat admin bagikan kepada kicau mania semua, semoga bermanfaat untuk kacer sobat, untuk tips lainnya sobat juga bisa simak di cenayangkicau.com, sampai jumpa