Cara Membuat Minyak Cengkeh Untuk Sakit Gigi

Cara Membuat Minyak Cengkeh Untuk Sakit Gigi – Munculnya sakit gigi memang bisa membuat penderitanya tersiksa. Seseorang yang mengalami kondisi ini akan merasa tidak nyaman terutama saat melakukan aktivitas.

Berkumur dengan air garam hangat mungkin merupakan pengobatan rumahan yang umum untuk sakit gigi. Namun ada cara lain yang tidak kalah efektifnya yaitu dengan menggunakan minyak cengkeh.

Sebenarnya, apa sih manfaat minyak cengkeh untuk sakit gigi? Seberapa efektif itu? Yuk simak selengkapnya di artikel berikut ini.

Cara Membuat Minyak Cengkeh Untuk Sakit Gigi

cara membuat minyak cengkeh untuk sakit gigi

Alat dan Bahan:

  • Cengkeh yang telah dirontokkan dengan mesin perontok cengkeh.
  • Ketel dari plat besi (plateser)
  • Tungku
  • Kondensor (berupa kolam yang di dalamnya terendam pipa dengan bentuk spiral atau pipa baja biasa yang dibentuk melingkar)
  • 4 drum plastik berukuran 200 liter untuk menampung minyak cengkeh
  • Garu
  • Sendok
  • Jerigen
  • Corong minyak
  • Kain penyaring

Cara Membuat Minyak Cengkeh:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah proses penyulingan. Proses penyulingan ini dilakukan dengan memanaskan bahan baku dan air yang dimasukkan ke dalam ketel yang kemudian dipanaskan.
  2. Proses pemanasan bisa menggunakan bahan bakar berupa limbah cengkeh yang disuling sebelumnya, atau juga bisa menggunakan bahan bakar yang lain.
  3. Nanti uap air dan uap minyak cengkeh akan mengalir melalui pipa masuk ke dalam kondensor. Kondensor itu bisa berupa kolam.
  4. Semakin lama uap minyak cengkeh dan uap air berada dalam kolam pendingin, semakin baik proses kondensasi yang terjadi.
  5. Air kolam harus terus dijaga agar tetap berada pada suhu yang dingin.
  6. Kondensasi ini akan mengubah uap air dan uap minyak cengkeh menjadi bentuk cair berupa minyak cengkeh dan air yang ditampung dalam drum.

Metode penyulingan dengan menggunakan uap air memiliki kelebihan tersendiri. Penyulingan dengan air dan uap ini relatif murah atau ekonomis. Biaya yang diperlukan relatif rendah dengan rendemen minyak cengkeh yang memadai dan masih memenuhi standar mutu yang diinginkan konsumen. Kelemahan utamanya adalah kecepatan penyulingan yang rendah. 

Manfaat Minyak Cengkeh untuk Sakit Gigi

Bukan rahasia lagi jika kandungan cengkeh bisa meredakan sakit gigi. Cengkeh adalah tangkai bunga kering yang berasal dari famili pohon myrtaceae dan mengandung bahan aktif eugenol.

Bahan ini bisa bertindak sebagai obat bius alami dengan mematikan sinyal saraf yang memicu nyeri. Nyeri juga bisa berkurang, termasuk sakit gigi. Tak hanya itu, eugenol memiliki khasiat anti inflamasi alami yang mampu mengurangi pembengkakan dan meredakan nyeri akibat peradangan.

Dalam Journal of Dentistry, dilaporkan bahwa minyak cengkeh dapat menggantikan obat benzocaine untuk menghilangkan rasa sakit. Benzocaine sendiri merupakan anestesi lokal yang berfungsi memblokir sinyal saraf dalam tubuh.

Cara Menggunakan Minyak Cengkeh Untuk Sakit Gigi

cara membuat minyak cengkeh untuk sakit gigi

Ada tiga cara utama untuk mengobati sakit gigi dengan menggunakan cengkeh:

Menggunakan Minyak Cengkeh untuk Sakit Gigi

  1. Tuang beberapa tetes minyak cengkeh dengan satu sendok teh minyak zaitun ke dalam piring.
  2. Rendam kapas steril gulung kecil dengan minyak.
  3. Peras kapas untuk menghilangkan minyak berlebih.
  4. Gosok perlahan pada area yang sakit atau letakkan bola kapas di area tersebut selama beberapa saat.
  5. Ulangi lagi langkah-langkah di atas jika sakit gigi berulang.

Minyak cengkeh telah menjadi solusi utama untuk sakit gigi. Minyak ini hanya menekan saraf tertentu sehingga rasa nyeri hilang sementara. Karena itu, Anda tetap harus ke dokter gigi untuk merawat gigi bermasalah secara total.

Umumnya seseorang yang mengalami sakit gigi merasakan kondisi yang tidak nyaman. Tingkat nyeri yang dirasakan tiap orang bisa berbeda-beda. Anda bisa melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter gigi untuk mengatasi sakit gigi.

Namun, Anda juga bisa memilih bahan alami untuk mengatasi gejala sakit gigi yang Anda rasakan, salah satunya dengan menggunakan minyak cengkeh.