Cara Membuat Kopi Joss yang Super Top Markotop

Cara membuat kopi joss sangat simple sekali ya teman-teman.Yang dibutuhkan hanyalah bubuk kopi hitam ataupun bubuk kopi selain yang berwarna hitam.

Cara kali ini berbeda dengan cara membuat kopi pada biasanya ya apa lagi disamakan dengan cara membuat donat balado sudah sangat berbeda sekali bukan?hehe

Karena bisa dilihat sudah ada kata joss yang artinya itu sesuatu yang sudah sempurna.

Tentunya kalo benar-benar ingin sempurna,kita bisa membuatnya dengan menggunakan grinder kopi.

Oke tidak perlu lama-lama iya langsung saja kita simak cara membuat kopi joss yang sangat top markotop.

Keunikan dari Berbagai Jenis Kopi

1. Keunikan dari Kopi Toraja

Bukan merupakan sebuah rahasia lagi apabila Kopi Toraja itu memiliki kualitas serta karakter yang sangat prima.

Tak heran apabila kopi ini memilki banyak penggemarnya. Penasaran? Berikut informasinya.

Tentunya kopi yang nikmat memiliki beberapa variable yang membuatnya istimewa. Seperti lokasi, variasi, metode pengolahan, ketinggian dan lainnya.

Daerah Toraja sendiri merupakan dataran tinggi yang dihuni oleh kaum etnis Toraja.

Seperti kebanyakan di Indonesia pada umumnya, Toraja merupakan lokasi yang memiliki tanah lembab dan basah.

Wilayah yang terletak di Sulawesi Selatan ini memang merupakan tempat yang sangat cocok untuk pengembangan budidaya kopi dengan kualitas yang prima.

Hal ini sudah diketahui sejak zaman penjajahan Belanda dulu. Toraja sendiri juga merupakan sebuah wilayah yang memiliki buadaya yang unik serta pesona yang indah.

Dan hanya bisa ditemukan di Toraja. Bayangkan saja, di Toraja sendiri terdapat sebuah budaya yang sangat menghormati orang yang sudah meninggal.

Lalu, Toraja sendiri memang sangat terkenal sebagai tempat penghasil kopi yang memiliki aroma wangi memikat selera para penikmat kopi baik dalam negeri maupun luar negeri.

Berbicara soal luar negeri, memang ketenaran dari kopi ini sudah tidak perlu menjadi sebuah pertanyaan lagi bro.

Sudah sangat jelas sekali kopi toraja ini sudah terkenal secara global.

2. Keunikan Kopi Aceh Gayo

Jangan mengaku pecandu kopi jika belum pernah merasakan nikmat dan kedahsyatannya kopi Aceh.

Aceh dari dulu memang terkenal sebagai salah satu penghasil kopi terbesar di Indonesia.

Dengan cita rasanya yang khas dan aroma yang kuat, seperti kopi Aceh Gayo.

Kopi Aceh memiliki perbedaan rasa malah di dalamnya terdapat kandungan antitoksin, menambah stamina tubuh dan dapat mengencangkan kulit.

Cita rasa kopi Gayo yang asli terdapat pada aroma kopi yang harum dan rasa gurih hampir tidak pahit.

Bahkan ada juga yang berpendapat bahwa rasa kopi Gayo melebihi cita rasa kopi Blue Mountain yang berasal dari Jamaika.

Kopi Gayo dihasilkan dari perkebunan rakyat di dataran tinggi Gayo, Aceh.Kopi Aceh pada dasarnya sama dengan kopi-kopi pada umumnya.

Namun, karena cara penyajiannya yang agak berbeda. Kopi diseduh dengan air yang selalu mendidih.

Seduhan kopi tersebut disaring berulang-ulang dengan kain panjang yang dijahit pada lingkaran kawat.

Kopi kemudian berpindah satu ceret ke ceret yang lain. Pembuat kopi melakukannya dengan cepat.

Kopi aceh sangat spesial rasanya karena kamu tidak akan menemukan kopi senikmat kopi aceh di daerah manapun di Indonesia.

Hal menarik saat menikmati kopi di Aceh adalah dengan bersantai dan ngobrol dengan teman-teman dan kerabat.

Menikmati kopi di Aceh adalah pengalaman yang unik dan langka.

3. Keunikan Kopi Kintamani

Kopi Bali Kintamani berbeda dengan hampir semua daerah yang menghasilkan kopi di Indonesia.

Perkebunan kopi di Bali bukan dipelopori oleh pemerintahan kolonial, tapi dari para pedagang dari Lombok yang membawa bibit kopi ke Bali di awal abad 20.

Walau kopi yang dibawa para pedagang ini adalah robusta, namun saat ini arabika lebih banyak ditanam dibanding robusta.

Kopi berjenis arabika punya rasa yang tidak terlalu asam dan harganya lebih tinggi.

Kopi Bali Kintamani ditanam dengan petani yang memegang prinsip Tri Hita Kirana.

Yaitu filosofi yang berpusat pada usaha untuk menjaga perdamaian dan ketenangan antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, dan manusia dengan lingkungannya.

Kopi Bali diproses dengan cara tradisional Bali, yaitu biji kopi dibuang sebelum bijinya mengering sehingga proses ini disebut sebagai “proses basah”.

Biasanya, kopi lain diproses dengan cara semua buah kopi dikeringkan dulu. Hal itulah yang bikin warna biji kopi bali kintamani lebih terang dibanding kopi lain di indonesia.

Cara Membuat Kopi Joss 

Resep Kopi Jos Kopi Arang Khas Yogyakarta Asli Sederhana Spesial Enak Banget.

Kopi Joss adalah kopi yang ditemukan pada abad ke-19 yang dipelopori oleh pedagang angkringan.

Daerah sekitar stasiun tugu yogyakarta yang kemudian populer dan mendunia pada abad 20.

Kami sebagai provider tidak mau kalah dan mengeluarkan produk kopi serupa dengan rasa yang berbeda dan lebih menggairahkan.

Kopi ini merupakan kopi hitam yang dicampur dengan arang. Disini arang kami lah yang membedakan.

Arang yang kami pakai menggunakan kayu yang telah diawetkan bersama mayat Fir’aun di Mesir.

Jadi dengan arang impor ini terjadilah sebuah perkawinan antara Java Coffee dengan Arang Mesir.

Anda akan menemukan pengalaman yang belum pernah anda rasakan ketika meminum Kopi arang Yogya ini.

Kopi Joss, merupakan kopi yang memiliki metode pembuatan unik dengan diberi bara arang.

Ketika kopi tubruk panas ini diberi atau dimasukkin arang yang panas, maka kopi tersebut akan mengeluarkan suara josss yang kencang sehingga terciptalah nama kopi itu.

Khasiat dan Manfaat dari kopi jos ini banyak peneliti yang mengakui kalau kadar kafeinnya dinilai rendah karena metode pembuatannya dinetralisir oleh arang.

Arang yang dipanaskan pada suhu diatas 250° Celcius akan menjadi karbon aktif yang berguna mengikat polutan dan racun.

Namun katanya, karbon yang teraktivasi dapat mengurangi ampas kopi, mengikat racun, dan memperbaiki aroma.

Bahan-Bahan Cara Membuat Kopi Joss:

  • Kopi bubuk ( Kopi Arabica Gayo ) boleh pake kopi hitam lain
  • Air Panas
  • Gula pasir
  • Arang Bersih ( di bakar sampai merah ) boleh pakai arang bambu kali ya tanya sama mas Indra Al Fatih penjual Arang Bambu di Indonesia.

Cara Membuat Kopi Joss:

  1. Seduh Kopi Bubuk dan Gula ( tergantung selera ) dengan air panas mendidih ke dalam gelas
  2. Masukan arang panas kedalam gelas yang sudah di siapkan – pint no.1
  3. Kopi Joss / Kopi Arang khas Jogjakarta siap di hidangkan.

Nah sangat mudah sekali kan cara membuatnya? Menurut kalian gimana? kalo menurut aku sih simple banget cara buatnya hehe.

Ternyata kopi joss ini cukup uniik ya guys.Karen di sajikan bersamaan dengan arang.Tapi arang yang digunakan tidak sembarang arang iya guys.

Arang yang digunakan untuk penyajian kopi ini yaitu dengan menggunakan arang yang benar-benar bersih yang dibakar sampai merah.

Kopi joss ini sangatlah terkenal di yogyakarta ini iya.Karena asal mulanya dari daerah jogja juga.

Jadi tak perlu heran jikalau kalian pergi ke alun-alun jogja manapun pasti ada penjual kopi joss ini di pinggiran jalan.

Dan jangan lupa juga untuk melihat artikel aku yang proses pembuatan kopi luwak ya supaya kalian tau sedikit-sedikit tentang kopi ya hehe.

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan ,apabila ada kekurangan di dalam artikel saya ini,saya mohon maaf yang sebesar besarnya.Sekian dan terimakasih.