Cara Membuat Jamu Empon-Empon

cara membuat jamu empon empon
Jamu Empon-Empon

Cara membuat jamu empon empon sangat mudah. Empon-empon merupakan sejenis minuman jamu yang sudah turun-temurun dikonsumsi sebagai obat tradisional. Jamu empon-empon terbuat dari tanaman-tanaman herbal yang sering kita jumpai di sekitar kita seperti jahe, kunyit, serai, lengkuas, temulawak, dan rempah-rempah lainnya.

Proses pembuatan jamu empon-empon terkesan mencampurkan aneka rempah-rempah menjadi satu, seperti halnya wedang uwuh.

Namun, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan terutama pada komposisinya. Wedang uwuh dibuat menggunakan bahan-bahan seperti kayu secang, kapulaga, cengkeh dan daun salam.

Bahan-bahan:

  • 3 ruas Jahe
  • 4 batang serai
  • 4 kayu manis
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 ruas Temu Kunci
  • 3 ruas Kunyit
  • 1 ruas Temulawak
  • 1 ruas Lengkuas
  • Air secukupnya
  • Gula Merah/Gula Pasir/Gula Batu sebagai pemanis

Cara membuat jamu empon-empon:

  1. Tumbuk jahe, kunyit, lengkuas, temulawak, temu kunci, dan rempah-rempah lainnya hingga halus atau bisa dengan mengirisnya tipis-tipis. Geprek batang serai
  2. Panaskan air panas. Tunggu hingga mendidih.
  3. Setelah mendidih, campurkan air panas ke dalam ramuan jamu. Biarkan hingga warnanya berubah agak kuning kecolatan.
  4. Kemudian saring dan bisa langsung Anda sajikan selagi masih hangat.
  5. Tambahkan gula sesuai selera.

Beberapa orang langsung meminum jamu empon-empon tanpa campuran apapun. Namun, sebagian orang akan menambahkan gula merah atau gula pasir sebagai pemanis.

Setelah diseduh dengan air panas, Jamu empon-empon bisa bertahan selama satu hingga dua hari dalam suhu ruangan. Jika disimpan di dalam lemari es, jamu empon-empon bisa bertahan sekitar lima hari hingga satu minggu.

Jamu empon-empon lebih nikmat jika langsung diminum setelah dibuat selagi masih hangat.

Saat diminum, jamu empon-empon menimbulkan rasa yang agak pedas di lidah, namun bisa menghangatkan tenggorokan. Tidak ada takaran khusus dalam membuatnya, semua berdasarkan perkiraan seberapa jumlah bahan-bahan yang digunakan.

Manfaat Jamu Empon-Empon

Selama masa pandemi ini, empon-empon menjadi salah satu minuman herbal yang paling populer di masyarakat.

Obat tradisional yang satu ini bahkan telah direkomendasikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo dan dipercaya bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam menangkal infeksi virus corona.

Seperti yang kita ketahui, jamu sejak dulu menjadi andalan masyarakat Indonesia untuk melawan berbagai macam penyakit. Bahan-bahan yang digunakan dipercaya memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, terutama untuk menjaga kekebalan tubuh.

Jamu empon-empon dapat membantu mencegah penularan covid-19 dengan cara seperti berikut ini:

1. Mencegah infeksi bakteri

Jahe mengandung senyawa aktif yang disebut gingerol. Senyawa tersebut membantu mencegah infeksi dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri, salah satunya adalah Pseudomonas aeruginosa yang dapat menginfeksi saluran kemih dan saluran pernafasan.

Selain bakteri, jahe segar juga efektif mencegah infeksi RSV. Virus ini menyerang saluran pernapasan dan menyebabkan gejala flu ringan. Infeksi RSV biasanya menghilang dalam beberapa hari, tetapi bisa menjadi serius pada anak-anak.

2. Mencegah peradangan

Peradangan sebenarnya sangat bermanfaat untuk melawan infeksi. Namun, peradangan jangka panjang justru bisa berdampak negatif bagi tubuh. Kunyit dalam jamu empon-empon dapat mencegah peradangan, efeknya hampir mirip dengan obat anti inflamasi.

Senyawa dalam kunyit bekerja dengan cara menghambat molekul NF-kB. Molekul ini berperan dalam menyebabkan peradangan pada jaringan manusia. Dengan menghentikan efek NF-kB, peradangan kronis dalam tubuh juga bisa dikurangi.

3. Melindungi tubuh dari radikal bebas

Radikal bebas dapat merusak sel manusia dan menjadi penyebab timbulnya berbagai penyakit kronis. Untungnya, jahe, kunyit dan temulawak semuanya kaya akan antioksidan. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dan melindungi sel dari kerusakan.

Selain itu, jahe juga dapat meningkatkan efek enzim antioksidan yang sudah ada di dalam tubuh. Oleh karena itu, tubuh Anda tidak hanya dapat menyerap sejumlah besar antioksidan dari luar, tetapi juga memiliki kemampuan pertahanan diri yang lebih kuat.

Demikian tadi cara membuat dan manfaat dari jamu empon-empon, untuk informasi menarik lainnya Anda dapat mengunjungi website kami hanya di sini.