Cara Membuat Bakso Daging Sapi 1 kg Asli Yang Sederhana

Cara membuat bakso daging sapi 1 kg asli ini sangat mudah anda dipraktikkan dirumah sendiri. Untuk bahannya yang mudah ditemukan disekitaran toko atau supemarket. Namun cara membuat bakso ini dengan cara dicetak menggunakan sendok ataupun menggunakan mesin pencetak bakso.

Bakso Sapi

Bakso adalah salah satu produk olahan yang populer di Indonesia yang memiliki bahan dasar dari daging yang cara pengolahannya dengan cara dihaluskan terlebih dahulu dan dicampur dengan bumbu, tepung, dan kemudian dibentuk seperti bola-bola kecil lalu direbus dalam air panas, bakso yang ada di pasaran.

Pada umumnya dipasaran merupakan bakso yang berasal dari daging sapi Penggunaan daging sapi sebaiknya daging sapi segar yang belum mengalami pelayuan sehingga memiliki ikatan aktin dan miosin yang longgar sehingga apabila digunakan untuk membuat bakso dapat dihasilkan tingkat kekenyalan yang baik.

Cara Membuat Bakso Daging Sapi 1 kg Asli

Cara membuat bakso daging sapi 1 kg asli

Cara membuat bakso daging sapi 1 kg asli biasanya tempat penggilingan bakso daging sapi ini tidak jauh dari tempat penjualan daging atau anda bisa langsung tanya sama penjual daging dan juga bisa, tentu mereka tahu tempat penggilingannya.

Kalau bercerita pada beberapa puluh tahun lalu, saat membuat bakso tidak segampang sekarang. Bakso produk kami adalah bakso daging sapi terbuat dari bahan alami tanpa pengawet.

Bahan – Bahan :

  • Daging sapi 1 kg.
  • Tepung kanji 15 sendok makan.
  • Bawang putih goreng hingga matang 8 butir.
  • Putih telur 1 butir agar tekstur kenyal .
  • Lada bubuk 1/2 sdt.
  • Garam secukupny .
  • Kaldu bubuk secukupny .
  • Es batu secukupny .
  • Saus raja rasa 2 SDM.
  • Minyak wijen 2 sdm.
  • Bahan tambahan ada tahu matang dan sayur koll .

Cara Membuat Bakso Daging Sapi 1 kg Asli :

  1. Cacah halus daging sapi sebelum diblender. Stelah itu masukkan kedlm blender daging sapi es butu bawang goreng putih telur garam penyedap rasa minyak wijen dan saus raja rasa blender hingga halus. Jika sudah halus tambahkan tepung tapioka kedalam adonan kemudian aduk rata dan siap utuk dimasak.
  2. Panaskan air secukupnya hingga mendidih. Stelah mendidih kecilkan api stelah itu bentuk adonan bakso dg bantuan sendok makan. Jika sudah menggapung biarkan dl sekitar 10 menit lalu angkat. Dan siap untuk disajikan.

Kesalahan Yang Sering Terjadi Ketika Membuat Bakso

Jika mendengar kata “bakso” pasti kamu langsung membayangkan bola-bola daging lezat yang biasanya disajikan bersama dengan kuah kaldu yang gurih, dengan mie, bihun, dan sayur sebagai pelengkapnya. Sajian bakso ini menjadi salah satu santapan kegemaran masyarakat Indonesia.

Kamu juga bisa membuat bakso di rumah, kok. Dengan membuat bakso sendiri, kamu bisa menyesuaikan tekstur, rasa, bahkan isi bakso sesuai dengan seleramu. Jangan takut gagal, karena Bob akan memberimu ulasan tentang kesalahan yang sering terjadi ketika membuat bakso. Dijamin, bakso buatanmu antigagal setelah menghindari kesalahan berikut ini.

Baca Juga : Cara membuat bakso daging sapi 1 kg

1. Tidak Menggunakan Daging Yang Masih Segar

Meskipun bakso lebih identik menggunakan bahan dasar daging sapi, namun kamu juga bisa kok membuat bakso berbahan dasar daging ayam atau seafood. Namun, pemilihan dagingnya haruslah tepat. Pastikan kamu menggunakan daging sapi, ayam, atau seafood yang masih segar.

Jika kamu ingin membuat bakso sapi halus, gunakan daging yang bebas lemak. Disarankan untuk menggunakan daging yang hanya mengandung sekitar 20 persen lemak saja, agar tekstur bakso yang kamu buat tetap lembut namun tidak lembek.

2. Tidak Menakar Dengan Benar Bahan Yang Diperlukan

Untuk memperoleh tekstur bakso yang sesuai, ada baiknya jika kamu menimbang terlebih dahulu bahan yang kamu perlukan. Ini sangat berguna untuk menghindari bakso yang terlalu lembek dan tidak kenyal.

Kunci dari pembuatan bakso ada pada dua bahan, yaitu daging dan tepung tapioka. Rasio perbandingan dari kedua bahan ini adalah 4:1. Jadi, jika kamu menggunakan 1 kilogram daging, maka tepung tapioka yang diperlukan adalah 250 gram.

Kurang dari itu, maka tekstur bakso akan terlalu lembek dan susah untuk dibentuk. Sebaliknya, jika tepung tapioka yang digunakan berlebihan, maka tekstur bakso akan menjadi terlalu keras dan tidak enak.

3. Tidak Menambahkan Es Batu Pada Adonan Bakso

Peran es batu sangatlah penting dalam pembuatan bakso. Jika kamu sering mengabaikannya, coba untuk tidak melewatkan tahap penambahan es batu pada adonan bakso kali ini. Fungsi es batu adalah sebagai pembentuk tekstur bakso menjadi halus, lembut, dan mudah dibentuk.

Selain itu, es batu juga berguna untuk membantu melarutkan semua bahannya. Terlebih jika menggiling daging menggunakan mesin, es batu dapat membuat suhu adonan menjadi lebih stabil. Panasnya mesin penggiling daging dapat menghancurkan protein yang terkandung di dalamnya.

4. Langsung Merebus Bakso Saat Sudah Dibentuk

Ketika membuat bakso, kamu mungkin langsung memasukkan bakso yang sudah dicetak ke dalam panci berisi air mendidih agar bakso bisa cepat matang. Cara ini memang terdengar efisien, namun ini justru akan membuat bakso menjadi lembek atau bahkan membuat bakso pecah.

Langkah yang benar adalah rendam butiran bakso ke dalam air hangat atau air panas terlebih dahulu. Diamkan selama kurang lebih 5 menit untuk mendapatkan kepadatan dan kekenyalan yang diinginkan. Setelah itu, barulah kamu bisa merebusnya untuk mematangkan bakso tersebut.

5. Membuat Kaldu Langsung Dari Air Rebusan Bakso

Bakso memang paling pas disajikan dengan kuah yang gurih. Namun, membuat kuah yang gurih juga memerlukan bahan yang pas agar kuah terasa lezat. Meskipun bakso memang terbuat dari daging, namun bukan berarti air rebusan baksonya bisa langsung menjadi kaldu yang enak.

Diperlukan bahan tambahan lain agar kaldu yang dihasilkan bisa terasa nikmat. Kamu bisa menggunakan tulang sapi bagian lutut untuk membuat kuah bakso. Tulang lutut mengandung sumsum yang bisa memberikan rasa gurih dan sedap pada kuah kaldu tersebut.

Dengan demikian pembahasan yang menarik yang mengulas tentang cara membuat bakso daging sapi 1 kg asli beserta kesalahan yang terjadi ketika membuat bakso. Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua.