Cara Masak Iga Bakar Madu yang Enak dan Gurih

Hallo semua,gimana kabar kalian?semoga sehat selalu ya,pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara masak iga bakar madu yang enak dan gurih,apakah kalian tau apa itu iga?mari kita bahas dibawah ini.

Cara Masak Iga Bakar Madu

Cara Masak Iga Bakar Madu

Baca juga : Resep Iga Bakar Madu Pedas Yang Enak dan Mudah

Bisnis kuliner di Bojonegoro terus berkembang. Di era industri migas saat ini, banyak pebisnis kuliner yang meraup untung banyak, Javanila Resto salah satunya. Restoran yang terletak di Jl. Untungnya, Surapati Bojonegoro menjadi pilihan bagi masyarakat yang ingin menikmati kuliner lezat tanpa harus keluar dari lingkungan kota. Kini, dengan banyaknya pekerja migas di Bojonegoro, restoran ini tak pernah sepi pembeli.

The Javanila Resto terkenal dengan menunya yang unik dengan iga bakar. Cita rasa iga bakar dengan bumbu tradisional dan tekstur yang lembut menjadikan menu ini juara. “Kami menggunakan iga sapi karena tekstur dagingnya mudah lepas dari tulangnya,” kata Hiralatanana Widowati, pemilik Javanila. Hira menjelaskan bahwa restorannya juga menawarkan menu olahan iga sapi lainnya, yaitu Rib Penyet dan Ribs Roasted Basil.

“Untuk alasan rasa, bumbunya bisa dicampur dengan daging seperti bumbu tradisional yang digunakan,” lanjut wanita cantik itu.

Setiap hari restoran ini bisa menjual sekitar 150 porsi iga bakar dan set menu lainnya seperti sop buntut dan jendhil asem. “Kami punya menu utama lain yang bisa dinikmati pengunjung, Asem-Asem Jendhil yang tak kalah enaknya,” ujarnya. Diakui Hira, industri migas Bojonegoro saat ini sangat berpengaruh terhadap pendapatan restorannya. “Kami mampu menjual total sekitar 1.500 porsi per bulan ketika pendapatan meningkat tajam dibandingkan sebelumnya,” jelasnya.

Untuk harga makanan di Jawanila, harga rata-ratanya berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 50.000 per porsi. Kini resto tersebut sudah memiliki cabang lagi di Cepu, Blora, Jawa Tengah.

Manfaat Iga Bakar

1. Mengurangi sindrom menstruasi

Banyak dari kita para wanita akan mengalami nyeri sebelum menstruasi. Bagi Anda yang mengalami nyeri sebelum menstruasi, iga bakar ini bisa dikonsumsi karena iga bakar mengandung kalsium yang dapat membantu mengurangi sindrom menstruasi dalam tubuh.

2. Meningkatkan kesehatan jantung


Menjaga kesehatan jantung sangatlah penting. Makan iga bakar dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung karena iga bakar mengandung senyawa protein yang melindungi tubuh dari senyawa tersebut.

3. Mendukung perkembangan fisik

Perkembangan fisik pada anak sangat penting, iga bakar mengandung kalori yang dapat digunakan untuk menunjang perkembangan tubuh. Makanan ini bisa dijadikan rekomendasi untuk anak-anak yang mengalami pertumbuhan dan perkembangan.

4. Sumber energi


Salah satu manfaat iga panggang adalah membantu membangun energi. Iga bakar mengandung karbohidrat dan lemak yang dibutuhkan sebagai cadangan energi dalam tubuh. Kandungan senyawa protein pada iga bakar juga membantu produksi energi, karena tanpa senyawa protein tersebut, iga bakar tidak dapat berkontribusi dalam produksi energi.

5. Membantu sistem pencernaan


Kandungan yang terdapat pada iga bakar membantu dalam penyerapan makanan yang tinggi lemak dan vitamin, yang masuk ke dalam usus sehingga makanan tersebut dapat terserap dengan sempurna. Kantung makanan arab akan sangat mendukung sistem pencernaan tubuh.

6. Pembentukan hemoglobin

Iga bakar memiliki beberapa manfaat salah satunya adalah pembentukan hemoglobin, kandungan manfaat zat besi Jumlah yang terkandung dalam iga bakar membantu dalam pembentukan hemoglobin, jadi dengan mengkonsumsi iga bakar

Cara Masak Iga Bakar Madu

Bahan Cara Masak Iga Bakar Madu :

  • 1 kg Iga sapi
  • Minyak goreng secukupnya
  • 5 siung bawang putih (geprek dan memarkan).
  • 3 ruas jahe (geprek dan memarkan).
  • 1 siung bawang bombay (iris tipis).
  • 1/2 sdm lada hitam
  • 2 sdm saus gula aren.
  • 6 sdm madu
  • 2 sdm saus tomat
  • 2 sdm saus sambal
  • 1 sdm saus tiram
  • Garam halus
  • Air matang

Cara Membuat Cara Masak Iga Bakar Madu :

  1. Masukkan ke panci presto iga sapi bersama dengan 2 siung bawang putih serta 2 ruas jahe rebus dengan air kurang lebih sekitar 20-25 menit.
  2. Ulek halus sisa 3 siung bawang putih serta 2 ruas sisa jahe tadi. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng lalu tumis bumbu halus serta bawang bombay yang sudah diiris tipis tadi hingga harum dan matang.
  3. Tuangkan saus sambal kedalam tumisan bersama dengan saus tomat, saus tiram, lada hitam, gula aren, madu, garam halus serta kaldu bubuk secukupnya aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  4. Masukkan rebusan iga sapi bersama dengan air rebusannya kedalam tumisan tadi lalu masak hingga air kaldu berkurang dan menjadi kental.
  5. Siapkan panggangan kemudian beri olesan dengan sedikit minyak goreng lalu bakar tumisan iga sapi tadi diatasnya sambil diberi olesan dari sisa bumbu tumis memasak iga. Bakar iga sapi hingga berwarna kecoklatan.
  6. Sajikan iga sapi bakar diatas piring saji selagi hangat.

Nah itulah cara masak udang bakar madu yang enak dan gurih,serta mudah untuk dibuat sendiri dirumah,bahan-bahannya juga mudah didapatkan dan terjamin kesehatannya,sekian dari saya selamat mencoba.