Cara Bikin Udang Tempura yang Enak dan Mudah Dicoba

Assalamualaikum Wr. Wb. kali ini saya akan menjelaskan tentang cara bikin udang tempura. Tempura merupakan salah satu makanan negeri sakura yang dibalut dengan tepung yang renyah, dengan bahan utama terdiri dari berbagai jenis seperti seafood, sayuran dan bahan sejenis. Salah satu variasi tempura yang sangat populer di kalangan pemburu kuliner berbahan dasar udang. Bentuknya agak memanjang dan sering disajikan berdampingan dengan salad sayuran dan saus.

Baca juga web utama kami Rumah Mesin

Cara Bikin Udang Tempura

Bahan-bahan :

  • Udang -250 gram
  • Tepung terigu -100 gram
  • Baking powder -1/2 sendok teh
  • Garam -1/4 sendok teh
  • Kuning telur -1 buah
  • Air dingin -200 ml

Cara Bikin Udang Tempura :

  1. Pertama, campur tepung dengan baking powder dan garam sampai merata.
  2. Kocok kuning telur sampai lepas dan tambahkan air dingin.
  3. Jika perlu, tambahkan 2 es batu, dan jaga agar adonan tetap dingin.
  4. Kemudian tuangkan campuran dengan tepung, dan aduk tidak lebih dari sepuluh kali dengan sumpit.
  5. Adonan yang terlalu banyak diaduk tidak membuat udang menjadi renyah.

Cara Menggoreng Tempura Udang

  1. Langkah pertama taburkan tepung maizena pada udang yang sudah dibersihkan
  2. Celupkan udang ke dalam campuran tepung sampai semua udang terendam, kecuali ekor udang
  3. Kemudian goreng udang selama sekitar 2-3 menit sampai berwarna keemasan.
  4. Jika Anda ingin lebih banyak kulit, tambahkan sedikit campuran tepung ke atas udang dan goreng selama sekitar 7 detik.
  5. Sajikan tempura dengan saus tempura yang khas.

Kreasi Tempura Udang

Classic shrimp tempura

Jenis tempura yang pertama adalah jenis yang paling umum, tempura klasik ini sangat digemari dari anak-anak hingga orang dewasa dengan pendamping berupa mayonaise atau sambal.

Bahan baku yang membuat tempura terasa lebih enak adalah penggunaan dashi, atau kaldu khas dari negeri Sakura, dan penggunaan tepung panko sebagai pelapis, yang memiliki tekstur lebih halus untuk membuat tempura lebih renyah.

Shrimp tempura roll

Bagi penggemar olahan sushi, varian Shrimp Tempura Roll mungkin sudah tidak asing lagi. Makanan ini tidak hanya lembut dan enak, tetapi juga renyah dan memiliki rasa yang lezat.

Dalam irisan tempura gulung udang, ada bahan tambahan yang membuat sushi semakin menarik untuk dicoba, beberapa di antaranya adalah irisan alpukat manis dan asin serta mentimun yang menyegarkan.

Tempura nigiri

Nigiri adalah istilah untuk jenis sushi yang tampil lebih sederhana, berupa nasi sekepal dengan berbagai jenis daging atau ikan, dimasak dan mentah.

Tempura nigiri ditambah nasi dan tempura yang dipadukan dalam satu kunyahan menjadi salah satu variasi nigiri dan bisa menjadikan makanan ini sebagai alternatif yang menjanjikan.

Rock shrimp tempura

Tempura ini sedikit berbeda dari yang biasa anda nikmati karena udang yang digunakan adalah udang karang dan dikenal dengan cangkangnya yang agak keras dan bentuknya berbeda, dan ada pula yang berukuran lebih kecil.

Tempura ini tidak hanya cocok untuk dimakan langsung, tetapi juga bisa dinikmati dengan berbagai saus gurih yang melengkapi rasa tempura dan memiliki tekstur yang berbeda, salah satunya adalah penggunaan saus bawang putih.

Tendon

Tendon adalah mangkuk nasi dari negeri sakura yang terdiri dari nasi dan aneka gorengan. Tidak hanya tempura yang ditawarkan; hidangan urat juga berisi sayuran goreng dari sayuran sebagai lauk.

Bagi yang suka menikmati makanan dengan banyak komponen, Anda bisa menikmati tempura akar teratai, terong, dan jamur secara bersamaan. Agar masakannya tidak terlalu kering, masakan ini biasanya dicampur dengan saus dashi, mirin dan kecap.

Nah, itulah lima kreasi unik tempura udang yang patut untuk dicoba. Selain bisa menghilangkan rasa lapar, makanan ini juga bisa bikin kamu ketagihan! Anda juga bisa menyimpan tempura dengan wadah kedap udara atau menggunakan alat vacuum sealer.

Baca juga : Berikut beberapa resep makanan dari umbi-umbian

Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf. Semoga artikel saya tentang cara bikin udang tempura bermanfaat. Selamat mencoba…

Terima kasih:)