Bukit Turgo, Tempat Terbaik Menikmati Indahnya Gunung Merapi

Kawasan utara Jogja terdapat banyak sekali objek wisata yang alami dan indah. Salah satu kawasan yang menjadi tujuan wisatawan dengan objek wisatanya yang memukau adalah Kabupaten Sleman. Kabupaten ini memiliki kawasan wisata favorit seperti Candi Prambanan, Kaliurang, Kaliadem, dan masih banyak objek wisata lainnya. Destinasi wisata yang kurang terkenal namum sangat terkenal dengan keindahannya adalah Bukit Turgo.

Bukit Turgo merupakan sebuah bukit yang berada di barat Kaliurang. Di kawasan ini terdapat Dusun Turgo yang merupakan destinasi wisata di Sleman. Tempat ini oleh banyak orang dianggap sebagai tempat menikmati keindahan Gunung Merapi dari dekat. Di sini wisatawan bisa melakukan berbagai macam hal seperti melihat aktivitas warga sekitar yang bertani dan memetik teh. Bahkan mereka bisa membntu para petani tersebut memetik teh.

Selain itu wisatawan bisa berjalan mendaki Bukit Turgo yang mana di puncaknya bisa terlihat dengan jelas pemandangan puncak Gunung Merapi. Dari atas bukit ini Puncak Gunung Merapi akan terlihat sangat dekat sehingga menghasilkan sensasi yang pastinya beda. Terdapat sebuah makam yang dikeramatkan oleh warga setempat. Terkadang ada peziarah yang datang ke makan ini untuk mendoakannya. Dengan segala kelebihannya Bukit Turgo layak untuk dikunjungi bagi mereka yang menyukai kegiatan di alam terbuka.

Lokasi Bukit Turgo:

Bukit Turgo berada di Dusun Turgo, Desa Purwobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman. Lokasinya lumayan jauh dari Kota Jogja, diperlukan waktu sekitar 1,5  jam untuk tiba dilokasi ini mengunakan kendaraan pribadi. Bagi pengunjung yang ingin berkunjung ke tempat ini dapat sewa mobil untuk bisa ke tempat ini. Jika datang dalam rombongan besar bisa rental Elf di Jogja dan menjadikanya paket wisata alam Jogja.

Tiket dan Jam Bukit Turgo:

Bukit Turgo buka setiap hari dan tidak ada jam operasionalnya sehingga wisatawan bebas masuk kawasan ini. Walau begitu sebaiknya datang saat masih terang agar lebih aman dan nyaman. Tiket masuk kasawan ini gratis dan wisatawan bisa menikmati keindahan alam di tempat ini.

Tips Wisata Bukit Turgo:

  1. Gunakan pakaian yang enak dipakai di kawasan pegunungan.
  2. Pakailah alas kaki yang nyaman untuk trekking mendaki bukit.
  3. Potret setiap momen spesial di tempat ini.
  4. Bawa payung atau penutup kepala karena cuaca mudah berubah.
  5. Jangan merusak fasilitas di kawasan ini.
  6. Jagalah kebersihan kawasan wisata.