Berikut Beberapa Wujud kejahatan Kecurangan Pasar Modal

Kecurangan pasar modal ini umumnya lebih “rapi” mainnya. Terkadang, demikian rapinya, sampai tidak dapat kelihatan secara jelas secara kasatmata. Kecurangan pasar modal ini terdiri dari beberapa wujud kembali. Yakni:

Berikut Beberapa Wujud kejahatan Kecurangan Pasar Modal

Marking the close

Wujud manipulasinya berbentuk usaha perekayasaan harga saham di saat atau dekati penutupan perdagangan, dengan arah supaya harga pembukaan semakin tinggi, lebih rendah, atau masih tetap hari perdagangan awalnya. Maksudnya pasti untuk kebutuhan individu beberapa orang yang turut serta didalamnya.

Memang kabarnya sich, saat yang paling rawan kecurangan itu ialah mendekati penutupan, atau pada babak pre-closing. Karena di babak berikut beberapa broker masukkan penawaran jual atau keinginan membeli. Mekanisme lalu lakukan pekerjaannya untuk menghadapkan penawaran atau keinginan ini, sampai akhirnya dipublikasikan saat jam penutupan. Saat itu, tidak ada yang dapat menyaksikan harga atau berapakah jumlah saham yang ditawari untuk dipasarkan. Semua baru kedapatan saat jam penutupan perdagangan, yakni jam 16.00. Di sini rawan terjadi surprise, saat ada saham yang jeblok mencolok, atau naik mencolok secara tidak lumrah.

Wash sale atau transaksi bisnis semu

Wash sale sebagai wujud kecurangan pasar di mana aktor pasar berusaha untuk mempengaruhi harga saham dengan beli dan jual sendiri saham itu sendiri atau antara barisan mereka untuk menunjukkan seolah-olah ada kegiatan jual-beli. Maksudnya, sudah pasti, supaya bisa mempengaruhi harga saham itu. Walau sebenarnya tidak ada peralihan pemilikan saham.

Corner a pasar

Corner a pasar atau cornering the pasar sebagai wujud kecurangan pasar di mana aktor pasar lakukan monopoli pada saham tertentu, hingga tidak ada investor yang lain dapat beli atau beli saham itu. Sebetulnya cornering the pasar ini bisa jadi legal, tetapi ada persyaratan tertentu yang perlu disanggupi dan lewat penyidikan yang cermat.

Membuat permintaan dan suplai semu

Membuat permintaan dan suplai semu ini sebagai wujud kecurangan pasar saham yang dapat disebut “janjian” di antara konsumen dan penjual saham, yang memasangkan order membeli dan jual di saat yang bertepatan. Maksudnya sama dengan wash sale, supaya bisa mengagumkan harga saham yang naik, turun, atau statis, untuk kebutuhan individu. Kecurangan ini terkadang disebutkan pre-arrange trade.

Front running

Front running ialah wujud kecurangan pasar saham di mana terdapat aktor yang lakukan transaksi bisnis atas saham saat sebelum waktunya, atau menyusul lainnya. Maksudnya, pasti untuk memperoleh keuntungan, misalkan supaya bisa memonopoli atau memperoleh harga yang murah, dan lain-lain.

Nach, sebetulnya masih tetap ada beberapa wujud kecurangan pasar saham yang lain kerap diterapkan, tetapi saya sendiri masih sedikit pengetahuan mengenai ini. Terkadang ada yang bernama berbeda, tetapi kok modus operandinya sama. Lantas apakah beda, kok perlu diberi panggilan yang lain? Yah, saya ingin belajar kembali dahulu ya. Pankapan, kita ikat kembali lebih habis. Jika Anda saat ini memerlukan pengacara perceraian di bali bisa langsung kunjungi website pengacaradibali.com