Beginilah Perbedaan Pertumbuhan Ekonomi Dan Pembangunan Ekonomi

Seringkali banyak orang yang masih bingung dalam membedakan antara pertumbuhan ekonomi dengan pembangunan ekonomi. Keduanya memang saling berkaitan, pembangunan ekonomi tidak akan bisa lepas dari pertumbuhan ekonomi. Lebih jelasnya, berikut merupakan perbedaan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi:

1. Definisi Pertumbuhan Ekonomi Dan Pembangunan Ekonomi

Suatu wilayah dikatakan memiliki pertumbuhan ekonomi ketika terjadi proses kenaikan angka produksi dan menyebabkan meningkatkan pendapatan dari wilayah tersebut. Sementara itu, pembangunan ekonomi merupakan sebuah proses naiknya pendapatan total dan perkapita penduduk dengan memperhitungkan pertambahan penduduk yang terjadi serta pemerataan kesejahteraan.

2. Proses Terjadinya

Pertumbuhan ekonomi merupakan sebuah proses jangka panjang di mana pendapatan per kapita dari suatu wilayah terus mengalami peningkatan. Lain halnya dengan pembangunan ekonomi yang terus mengupayakan terjadinya perbaikan dan produk per kapita secara terus menerus. Singkatnya pembangunan ekonomi adalah sebuah proses yang diusahakan untuk terus dilakukan dalam jangka waktu yang lama.romadecade

3. Faktor Yang Dipertimbangkan

Antara pertumbuhan dan pembangunan ekonomi memiliki faktor pengaruh yang sama, akan tetapi kacamata yang digunakan untuk melihat keduanya berbeda. Dalam pertumbuhan ekonomi, pemerataan pendapatan serta terjadinya pertambahan penduduk sama sekali dihiraukan. Berbeda dengan pembangunan ekonomi yang menjadikan pemerataan sebagai tujuan dan pertumbuhan penduduk menjadi tantangan.

4. Dampak Yang Dihasilkan

Bisa saja pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi sama-sama mengalami peningkatan, namun dampak dari kedua berbeda. Hal ini dikarenakan pada pertumbuhan ekonomi belum tentu dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat yang ada di wilayah tersebut. Sementara itu, jika pembangunan ekonomi yang terjadi, maka sudah dapat dipastikan bahwa peningkatan taraf hidup masyarakat pasti akan terjadi. romadecade

5. Keterkaitan

Kedua hal ini saling memiliki keterkaitan, khususnya pembangunan ekonomi pada pertumbuhan ekonomi. Ketika pembangunan ekonomi terjadi sudah dapat dipastikan bahwa pertumbuhan ekonomi pun terjadi. Akan tetapi jika terjadi pertumbuhan ekonomi, maka belum tentu disertai dengan pembangunan ekonomi.

Dari perbedaan-perbedaan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi yang telah disampaikan, dapat disimpulkan bahwa pembangunan ekonomi penting untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan, dengan terjadinya pembangunan ekonomi maka secara otomatis akan menyebabkan terjadinya pertumbuhan ekonomi. Oleh karenanya, pemerintah pada setiap tingkatan selalu memiliki rencana pembangunan ekonomi untuk masing-masing wilayah yang dipimpin.

Souvenir Pernikahan