Beberapa Masalah Umum Tes IELTS General dan Cara Mengatasinya

Penilaian skor ielts general tidak berbeda dengan ielts akademik. Yang membedakannya adalah jumlah skor dan dari jenis soal yang diberikan. Yang lulus tes ieltes akademik otomatis memenuhi standar general. Karena kebutuhannya untuk melanjutkan pendidikan di kampus negara yang berbahasa Inggris. Sementara yang general dikhususkan bagi yang hendak bermukim atau bekerja.

Pembagian Jenis Tes IELTS
Dalam tes IELTS dibagi empat elemen yang akan diujikan ke peserta, yaitu writing, reading, listening, dan speaking. Berikut ini akan kita coba uraikan bagaimana penilaiannya dan apa saja jenis kesalahan yang umum dilakukan peserta.

Writing
Biasanya hasil tes ielts general ini kerap paling rendah. Kenapa begitu susah mencapai skor di atas 7.0? Ada beberapa hal yang menyebabkannya. Yang sering terjadi, peserta umumnya tidak benar-benar membaca pertanyaan secara tepat. Merasa terbatasi oleh waktu dan banyaknya lembar pertanyaan yang mesti diselesaikan, jawaban yang dituliskan cenderung lebih cepat ditulis.

Speaking
Tes ielts general ini yang sering ditakuti para peserta karena sifatnya dilakukan langsung dan tidak ada kesempatan kedua. Anda memang bisa selalu mengoreksi jika terjadi kesalahan. Namun terlalu sering mengoreksi berpotensi mengurangi ketrampilan berbicara. Prinsipnya adalah tenang dan sabar. Jangan langsung mengatakan apa yang terlintas dalam kepala anda. Pikirkan baik-baik dan formulasikan mulai dari struktur kalimat, pemilihan diksi, dan intonasi.

Listening
Hasil dari skor ielts mencerminkan seberapa banyak perbendaharaan kata anda dan mengenali serta menghubungkan setiap makna dan terapannya. Dalam tes listening, anda mesti mengantisipasi setiap jenis kata yang akan anda gunakan, entah itu berupa angka, kata sifat, nama tempat, dan lainnya. Lalu periksa sekali lagi ejaan yang anda dengarkan tadi. Lalu, perhatikan apakah susunan kata itu sesuai dengan konteks yang masuk akal. Kadang, berlatih bahasa asing seperti Inggris membutuhkan nalar. Jangan sampai anda salah mendengarkan dan memberikan jawaban yang tidak logis sebagai struktur kalimat.

Reading
Tujuan utama tes ielts general ini ialah kemampuan anda mencari informasi dalam sebuah teks. Jangan sampai anda melakukan kesalahan karena sering terbelit oleh pembacaan yang bertele-tele. Disebabkan oleh tingkatan struktur bahasa yang kompleks. Ingat juga bahwa apa yang anda baca secara teks itu belum tentu bisa diartikan atau dimaknai secara literal. Anda disarankan selalu berlatih dengan bahan-bahan bacaan berbahasa Inggris. Berhubung ini adalah tes ielts general, ada sedikit “kemudahan” karena tidak menggunakan standar tes akademik yang cenderung rumit.

Nah, apa sih yang menjadi musuh utama dari anda sebagai peserta tes ielts? Hal itu adalah kebingungan anda sendiri. Kebingungan menimbulkan kepanikan. Atau bisa juga sebaliknya. Entah karena sempat membaca ada kata atau kalimat yang tak anda pahami lalu menjadi panik. Tetaplah tenang dalam mengerjakan semua soal tes supaya skornya nanti akan sesuai yang anda kehendaki.