Aturan Minum Kunyit yang Benar dan Cara Membuat Jamu Kunyit Asam

Aturan Minum Kunyit yang Benar dan Cara Membuat Jamu Kunyit Asam – Jamu kunyit asam dikenal sebagai salah satu jamu tradisional Indonesia yang telah turun-temurun diwariskan oleh nenek moyang kita. Minuman ini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain karena rasanya yang enak dan menyegarkan, jamu kunyit asam juga mengandung segudang manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Sesuai dengan namanya, jamu kunyit asam dibuat dari bahan dasar rimpang kunyit dan asam jawa. Kandungan kurkumin yang ada di dalam rimpang kunyit memiliki sifat sebagai antioksidan, antiinflamasi, serta antikanker yang sangat berguna untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh. Sementara itu, asam jawa juga mengandung beberapa vitamin dan antioksidan.

Beberapa penelitian telah berhasil membuktikan bahwa kunyit mampu mengatasi peradangan kronis yang dapat menjadi salah satu faktor risiko timbulnya beberapa penyakit seperti penyakit jantung, alzheimer, diabetes, bahkan penyakit kanker.

Dikatakan bahwa dengan mengonsumsi minuman kunyit seperti jamu kunyit asam setiap hari, dapat mengurangi risiko peradangan kronis dalam tubuh. Dilihat dari manfaat-manfaat yang bisa didapatkan, tak heran jika jamu kunyit asam banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.

Selain manfaat di atas, jamu kunyit asam juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta mengatasi berbagai kondisi yang dialami oleh wanita, seperti meredakan nyeri haid, melancarkan haid, mengatasi bau badan, serta menghaluskan kulit.

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam dan Aturan Minum Kunyit yang Benar

Cara membuat jamu kunyit asam pada dasarnya sangat mudah dilakukan, selain itu bahan-bahan yang digunakan pun sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Yuk kita simak cara membuat jamu kunyit asam berikut ini!

Bahan-bahan:

  • 600 ml air
  • 100 gram gula jawa, sisir
  • 20 gr asam jawa
  • 8 ruas kunyit berukuran besar

Cara Membuat:

  1. Pertama, cuci rimpang kunyit hingga bersih. Setelah itu, kupas kulitnya.
  2. Haluskan kunyit dengan cara diparut atau diblender. Kemudian tambahkan dengan sedikit air. Peras agar sari kunyitnya keluar.
  3. Rebus air, tambahkan dengan sari kunyit, gula jawa, dan asam jawa. Tunggu hingga mendidih.
  4. Setelah mendidih, matikan kompor. Angkat dan tunggu hingga dingin.
  5. Masukkan jamu kunyit asam ke dalam botol atau gelas sambil disaring.
  6. Jamu kunyit asam pun siap dinikmati.

Demikian cara membuat jamu kunyit asam, sangat mudah bukan? yuk dapatkan manfaat dari mengonsumsi jamu kunyit asam!

Baca Juga : Cara Membuat Jamu Beras Kencur dan Segudang Manfaatnya bagi Kesehatan

Aturan Minum Kunyit Asam yang Benar

Perlu diingat, meskipun jamu kunyit asam jarang menimbulkan efek yang merugikan bagi tubuh, namun jamu kunyit asam tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan. Untuk itu, sebaiknya Anda membatasi konsumsi jamu kunyit asam dalam jumlah yang wajar.

Jadi, bolehkah jamu kunyit asam dikonsumsi setiap hari? tentu saja boleh, karena jamu kunyit asam termasuk aman untuk dikonsumsi setiap hari. Meskipun begitu, konsumsi jamu kunyit asam tidak boleh melebihi dosis yang seharusnya. Dosis yang dianjurkan untuk minum jamu kunyit asam yaitu tidak lebih dari 500 mg per hari.

Konsumsi jamu kunyit asam secara berlebihan atau melebihi dosis yang ditentukan dapat menyebabakan efek yang buruk terutama bagi kesehatan. Gejala yang bisa dialami sebagai efek samping dari overdosis minuman kunyit ini yaitu gangguan saluran empedu dan organ hati, reaksi alergi, serta gangguan pencernaan.

Baca Juga : 7 Efek Samping Jamu Kunyit Asam Bagi Kesehatan

Selain itu, mengonsumsi jamu kunyit asam secara berlebihan juga dapat mempengaruhi tingkat kesuburan pria serta membahayakan kehamilan. Hal ini dikarenakan konsumsi kandungan kurkumin dalam jumlah banyak selama kehamilan dapat mengubah kadar hormon estrogen dalam tubuh sehingga bisa menyebabkan konraksi dan pendarahan.

Efek kunyit yang satu ini bisa memicu terjadinya persalinan dini atau bahkan keguguran. Jika dilihat dari beberapa efek samping yang bisa berakibat fatal, maka Anda sebaiknya menghindari mengonsumsi minuman yang mengandung kunyit pada saat kehamilan.

Selain itu, bagi ANda yang sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, sebaiknya Anda mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi jamu kunyit asam secara rutin.

Sekian aturan minum kunyit yang benar, semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang efek samping yang bisa muncul akibat mengonsumsi minuman kunyit yang berlebihan.