Alumni Berkualitas Lulusan SMK N 57 Jakarta

Alumni Berkualitas Lulusan SMK N 57 Jakarta

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 57 Jakarta merupakan salah satu dari 219 sekolah yang akan direvitalisasi. Sekolah yang berdiri pada tahun 1997 ini bergerak di bidang pariwisata dan kesenian. SMKN 57 Jakarta memiliki 5 jurusan yang bertujuan untuk mencetak tenaga kerja menang yang trampil. Jurusan itu antara lain yaitu jasa boga, usaha perjalanan wisata, perhotelan, seni tari betawi dan seni karawitan. Jurusan yang paling banyak diminati adalah jasa boga, diikuti perhotelan dan yang terakhir adalah usaha perjalanan wisata. Ketiga jurusan yang paling diminati oleh siswa membuat SMKN 57 Jakarta membuka pendaftaran hingga tahap k3-3 dengan rata-rata Nem terendah yaitu 59,63.

Ada pun prestasi-prestasi yang diraih oleh SMKN 57 Jakarta yaitu Juara 1 lomba Pidato Bahasa Jepang Bunkasai SMK se-Jabodetabek, Juara 3 Australian Beef, Juara 3 Turnament Futsal tingkat SMA/SMK se Jabodetabek, FL2SN SMK Wilayah II Kota Adm. Jaksel Lomba Film Pendek, dan masih banyak yang lainnya. Selain itu, SMKN 57 Jakarta menuju Adiwiyata mandiri. Adiwiyata Mandiri adalah sekolah adiwiyata nasional yang membina 10 sekolah yang ada di wilayahnya.

Pada tahun 2017 SMKN 57 Jakarta menjadi sekolah adiwiyata nasional. Pada tahun 2018, SMKN 57 Jakarta membina 10 sekolah yang ada di wilayah Jakarta Selatan. Dalam progam Adiwiyata Mandiri, SMKN 57 Jakarta membina mengenai unsur lingkungan kepada sekolah-sekolah yang ada di wilayah Jakarta Selatan . misalnya pembinaan mengenai hiduroponik dan pupuk kompos. Prestasi yang digapai oleh SMKN 57 Jakarta tidak hanya pada sekolah dan muridnya saja tetapi juga mencetak alumni-alumni yang sudah melebarkan sayapnya di kaca international. Banyak Alumni yang berhasil di luar negeri sudah tersebar di 5 benua. Mulai dari Amerika, Eropa, Miabi, Dubai, dll. Hampir semua hotel bintang 5 di Indonesia ada alumni dari SMKN 57 Jakarta, ujar Eti Suyanti, M. Pd sebagai Kepala Sekolah SMKN 57 Jakarta.

Sekarang Fasilitas Sudah Lebih Baik

Sekarang ini SMKN 57 Jakarta sudah jauh lebih baik dari sebelumnya. Perbaikan yang dilakukan tidak hanya dari sisi bangunan saja, tetapi dari segi fasilitas juga sudah semakin lengkap dan semakin bagus. Penambahan fasilitas seperti genset diesel besar yang dapat digunakan diwaktu PLN sedang bermasalah dan harus mematikan aliran listriknya.

Siswa senang sekali dengan adanya genset lantaran kegiatan belajar selama disekolah sudah tidak terganggu lagi dengan pasokan listrik. Harga genset solar pontianak yang digunakan SMKN 57 Jakarta mencapai 70 juta rupiah satu unitnya.