Mengenal Macam Alat Sterilisasi Kesehatan Di Rumah Sakit

Alat Sterilisasi merupakan alat yang digunakan untuk memudahkan proses sterilisasi. Proses sterilisasi itu sendiri banyak digunakan di berbagai bidang. Salah satunya dalam dunia kesehatan atau medis. Di rumah sakit, alat sterilisasi digunakan untuk mensterilkan alat kedokteran seperti instrumen operasi dan juga alat – alat kedokteran gigi.

alat sterilisasi kesehatanUntu

Nah, alat sterilisasi tersebut bisa kita sebut sebagai alat kesehatan. Sebagaimana sudah kita bahas pada ksesmpatan yang telah lalu tentang alat kesehatan dan fungsinya. Kali ini perkenankanlah kami berbagi informasi tentang macam – macam alat sterilisasi yang biasa digunakan di rumah sakit.

Macam Alat Sterilisasi Medis

# Autoclave

Alat sterilisasi yang dikatakan sebagai alat yang paling efektif dalam membunuh mikroorganisme yaitu Autoclave. Alat ini bekerja dengan memanfaatkan uap panas bersuhu tinggi di dalam wadah bertekanan tinggi. Proses sterilisasi menggunakan autoclave juga tidak sulit, selain itu tersedia banyak toko alat kesehatan yang jual autoclave dengan berbagai ukuran. Sehingga anda tidak perlu repot mencari alat ini.

# Sterilisator kering.

Alat Sterilisasi medis berikutnya yaitu dry heat sterilizer atau sering disebut dengan sterilisator kering.  Alat ini bekerja dengan menggunakan prinsip radiasi panas kering menggunakan sinar inframerah bersuhu tinggi. Namun alat ini sedikit memiliki keterbatasan. Untuk alat kesehatan berbahan plastik dan karet tidak direkomendasikan menggunakan autoclave ini.

# Lampu UV Sterilisasi

Alat sterilisasi berikutnya yaitu lampu uv sterilisasi. Alat ini memang tidak digunakan untuk mensterilkan alat – alat kesehatan. Lampu ini digunakan untuk mensterilkan ruangan seperti ruang operasi, ruang NICU, ruang isolasi dan ruang lain di rumah sakit yang harus dalam keadaan steril.

# Larutan Desinfektan

Larutan ini juga termasuk alat sterilisasi. Karena dalam prosedur sterilisasi alat medis dan alat laboratorium, sebelum dilakukan sterilisasi fisik alat – alat medis tersebut direndam dengan menggunakan cairan desinfektan dalam waktu tertentu. Dengan demikian, alat – alat dapat kita jamin kebersihannya.

Demikian ulasan singkat tentang beberapa macam alat sterilisasi yang digunakan di dalam ilmu kesehatan atau dalam dunia medis seperti di rumah sakit atau klinik. Sekian, semoga bermanfaat !