Mengenal Macam Alat Kesehatan & Fungsinya

Alat kesehatan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari instansi pelayanan kesehatan baik itu rumah sakit, klinik dan lain sejenisnya.  Alat kesehatan didefinisikan sebagai instrumen, mesin, implant tang tidak mengandung obat yang berfungsi untuk mencegah dan mendiagnosa penyakit, menyembuhkan orang sakit dan memulihkan kesehatan pada manusia serta untuk membentuk dan memperbaiki jaringan tubuh.

Di Rumah Sakit atau klinik terdapat banyak sekali alat- alat kesehatan.  Baik itu dari golongan elektromedik, non elektromedik dan diagnostic in vitro. Berikut ini adalah contoh alat – alat kesehatan dan fungsinya yang ada di rumah sakit dan klinik atau pusat pelayanan kesehatan pada umumnya.

Alat Kesehatan Dan Fungsinya

# Infus Set

Alat infus ini merupakan alat kesehatan yang selalu dipasang pada pasien ketika dirawat di rumah sakit. Alat infus berfungsi untuk memasukkan cairan infus (elektrolit) ke dalam tubuh pasien untuk membantu asupan cairan pasien ketika dirawat.

# Syringe (alat suntik)

Hampir sama fungsinya dengan alat infus, hanya saja alat ini berfungsi untuk memberikan suntikan (memasukkan cairan obat) ke dalam tubuh pasien melalui pembuluh darah. Alat ini dilengkapi dengan jarum agar proses lebih mudah.

# Alat Oksigenasi

Anda pasti pernah melihat pasien dipasang selang oksigen dan masker di mulut atau hidungnya. Nah itulah sebagian dari alat oksigenasi yang terdiri dari tabung oksigen, selang okseigen, regulator dan juga masker.

# Monitor Pasien

Kalau anda menengok ke dalam ruang icu, anda akan melihat sebuah monitor yang terpasang pada pasien. Monitor tersebut selalu hidup dan berisi grafik dan angka. Inilah yang disebut dengan pasien monitor, yaitu alat untuk memonitor beberapa parameter kesehatan pasien secara live / real time.

# Mesin Anestesi

Jangan anda bayangkan mesin ini seperti mesin yang ada pada mobil anda. Bukan seperti itu, mesin yang dimaksud disini adalah serangkaian sistem alat yang bekerja secara sinergis satu sama lain dengan kombinasi. Mesin anestesi adalah satu alat kesehatan yang digunakan untuk menghilangkan kesadaran (membius) pasien ketika menjalani proses operas (pembedahan)

Nah itulah beberapa macam alat – alat kesehatan dan fungsinya yang sudah mewakili sekian banyak alat medis yang terdapat di rumah sakit atau klinik. Informasi untuk anda yang membutuhkan peralatan medis rumah sakit anda bisa kunjungi website distributor alat kesehatan resmi yang berbadan hukum, yang menjual alat – alat kesehatan lengkap dan murah www.gloryamedica.com