7 Cara Merawat AC Agar Awet dan Dingin

Menjaga AC agar tetap awet dan dingin dapat dilakukan melalui berbagai cara. Selengkapnya mengenai informasi cara merawatnya dapat Anda simak pada artikel dari jasa service AC Jakarta Pusat berikut.

Teknik perawatan AC ternyata tidak selamanya sulit untuk dilakukan. Tak harus menggunakan jasa service pembersihan, kini Anda pun bisa melakukannya dengan mudah di rumah. Berikut penjelasan lengkapnya untuk Anda simak.

Cara Mudah Merawat AC Agar Tetap Dingin dan Tahan Lama

AC merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh beberapa pihak. Untuk bisa menikmati sejuknya udara, terdapat beberapa langkah mudah perawatan yang bisa Anda lakukan.

1.      Bersihkan Secara Rutin Filter AC

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan filter AC dengan cara menyikatnya sekitar 1 hingga 2 bulan sekali. Salah satu tanda jika filter AC kotor adalah udara yang keluar dari AC tidak sedingin biasanya.

2.      Rajinlah Melakukan Pemeliharaan

Berbeda dengan teknis sebelumnya yang bisa Anda lakukan sendiri, untuk pemeliharaan Anda harus menggunakan jasa service.

Setidaknya Anda dapat melakukan pemeliharaan selama 3 bulan sekali. Selain pembersihan filter, untuk jenis AC Split biasanya akan dilakukan pembersihan indoor mupun outdoor.

3.      Hindari Merokok di Ruangan AC

Tak hanya berupa imbauan, ternyata merokok di ruangan AC berisiko besar terhadap AC. Jika dibiarkan terus menerus AC dapat cepat rusak dan berpengaruh pada tingkat suhu yang dihasilkan.

4.      Tutup Pintu dan Jendela Ketika Menghidupkan AC

Perbedaan suhu antara ruangan yang tertutup dengan terbuka ternyata berpengaruh pada kinerja kompresor.

Jika Anda menyalakan AC namun dengan membuka pintu maka aliran udara dari kompresor dapat terganggu dan menyebabkan AC cepat rusak.

5.      Lakukan Pengecekan Tekanan Freon

Freon adalah bagian yang tak kalah penting dalam menciptakan udara segar yang berasal dari AC. Untuk menjaga kinerja AC, pastikan untuk mengecek freon setidaknya 6 bulan sekali agar terhindar dari kebocoran.

6.      Manfaatkan Fitur Timer yang Tersedia

Untuk menjaga umur efektif AC, gunakanlah fitur timer yang tersedia di remote.

Selain untuk menghindari kasus lupa mematikan AC, hal ini dapat merawat AC agar bertahan lama karena waktu operasional terkendali.

Nah itu dia penjelasan rinci mengenai cara merawat AC agar tetap dingin dan awet.

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan AC sesuai dengan kebutuhan. Semoga bermanfaat.