5 slogan penting yang hanya ada di Jepang untuk budaya yang bersih

Jepang adalah salah satu negara dengan tingkat disiplin yang tinggi. Bukan cuma soal urusan budaya dan juga waktu, kebanyakan masyarakat Jepang sangatlah menghargai kebersihan.

Makanya, tiap wisatawan yang kesana pasti akan terheran – heran karena bersihnya jalan di tiap sudut kota Jepang.

Nah kalo di  Indonesia ada  slogan “ kebersihan adalah sebagian dari iman “, maka di Jepang juga ada slogan seperti hal nya di bawah ini:

1. Seiri ( short )

Seiri bisa dikatakan adalah membuang sampah – sampah yang tidak digunakan kembali.

Bisa dengan membuangnya ke tempat sampah stainless steel. Sehingga sampah – sampah yang banyak tersebut tidak banyak menumpuk di rumah. Dan ini juga sudah membudaya di kalangan masyarakat Jepang. 

Sampah – sampah bekas yang menumpuk di rumah pasti akan membuat banyak jentik nyamuk yang berkembang biak. Dan pasti nyamuk – nyamuk DBD akan lahir.

2. Seisou ( Cleaning )

Bersih adalah makna dari slogan orang Jepang yaitu Seisou. Makna Seisou ini juga tidak hanya banyak diterapkan oleh mereka – mereka yang masih sekolah. Orang – orang jepang yang sudah bekerja pun banyak yang menerapkan ini di kantor – kantor mereka. Penerapan Seisou ini bisa di mulai dari membersihkan kaca, membersihkan AC, Merapihkan tanaman, mengepel lantai, menyapu halaman, membuang sampah, membersihkan wc , dll.

3. Seiton ( set in order )

Arti dari slogan ini adalah mengembalikan benda – benda ke tempat semula. Maksudnya gimana ? maksudnya adalah seperti halnya kita membereskan kamar kita yang berantakan ke tempat semula. Dan ini sudah sangat membudaya untuk orang – orang Jepang.

Mengingatkan mengenai kebersihan sejak masih anak – anak tentu lama – kelamaan akan menjadi suatu budaya tersendiri yang selalu melekat di dalam diri orang – orang Jepang.

Nah makanya tak heran kan bagaimana sekarang negara Jepang adalah salah satu negara yang paling bersih di dunia yang tak lain adalah karena kedisiplinan masyarakatnya. Dan pasti pemerintahnya juga tidak perlu susah – susah mengatur masyarakatnya karena sudah sangat disiplin di sana.

Jika negara Jepang saja mampu untuk menjaga kebersihan, harusnya negara kita juga mampu bukan ?