5 Info Parenting Pengasuhan Terbaik untuk Anak di Era Digital

Zaman sekarang jumlah orang tua yang anaknya kebanyakan bermain di luar. Tapi, sebagai gantinya, anak mulai sering berdiam diri di rumah dan bermain gadget. Info parenting tentang bagaimana cara mendidik anak di era digital perlu Anda ketahui agar mereka tidak tumbuh menjadi anak apatis. Berikut beberapa infonya untuk Anda.

  1. Ikut Andil Mengasuh dan Mendidiknya

Jika Anda mempekerjakan ART (Asisten Rumah Tangga) atau baby sitter, sebaiknya tetap libatkan diri Anda dalam pengasuhan dan pendidikan anak. Sesibuk apapun Anda dan pasangan, luangkan waktu dan beri perhatian penuh saat berada di rumah.

Begitupula saat anak mengalami maslah sementara Anda berada di tempat kerja, sebaiknya tinggalkan dulu pekerjaan tersebut. Walau bagaimanapun, keluarga (termasuk anak) harus Anda nomor satukan dibandingkan pekerjaan. Hal ini juga bisa memberi dampak positif terhadap ikatan emosional antara Anda dan pasangan sebagai orang tua dengan sang anak.

  1. Beri Didikan Agama yang Baik

Akhlak atau perilaku anak dipengaruhi oleh didikan agama dari orang terdekatnya yang dalam hal ini Anda sebagai orang tuanya. Oleh karena itu, didik anak dengan agama yang baik hingga menjadi Muslim yang taat dan terbiasa shalat, sedekah, puasa, mengaji, dan lainnya dengan kesadaran sendiri.

  1. Didik Anak untuk Hidup Disiplin

Info parenting yang satu ini memegang peranan penting untuk masa depan anak. Dengan terbiasa hidup disiplin, kehidupannya menjadi lebih teratur dan fokus pada tujuan. Dengan demikian, semakin mudah pula untuknya dalam meraih cita-cita. Contoh sederhana adalah dengan membatasi penggunaan gadget.

Jadi, kapan anak harus shalat, tidur, makan, bermain gadget, dan kegiatan lainnya harus Anda atur dengan detail. Karena gadget seringkali membuat anak lalai menjalankan aktivitas atau kewajiban lainnya. Tidak jarang jika ada anak yang lupa shalat, lupa makan, dan lupa segalanya karena keasyikan main gadget.

  1. Adakan Sesi Curhat

Anak rewel dan sulit untuk ditenangkan karena permintaannya tidak dipenuhi? Tidak sedikit orang tua yang akhirnya memberi gadget untuk menenangkannya. Cara ini kurang bijak sehingga sebaiknya Anda hindari. Lantas, harus bagaimana?

Luangkan waktu sejenak dan ajak anak berkomunikasi. Sebenarnya banyak hal yang bisa dijadikan bahan obrolan. Anda bisa menanyakan aktivitasnya di sekolah, hal-hal menarik apa saja yang ditemui anak pada hari itu, dan lainnya. Beri nasihat, masukan, atau pujian padanya setelah sesi curhat tersebut selesai.

  1. Pantau Aktivitasnya di Dunia Maya

Dunia internet yang menyuguhkan aktivitas di dunia maya sangatlah rentan untuk diakses anak. Banyak konten tidak pantas yang muncul begitu saja saat gadget terkoneksi internet. Oleh karena itu, tugas Anda sebagai orang tua adalah memonitoring aktivitasnya di dunia maya dan tidak memberi kebebasan penuh penggunaannya.

Pastikan jika games yang dimainkannya tidak menyuguhkan profil seksi, konten yang memuat adegan kekerasan, atau semacamnya. Anda bisa mengunduh aplikasi khusus anak dan menyetel privasi/ akses terbatas pada aplikasi lainnya.

Kelima info parenting tersebut dijamin efektif mengimbangi perkembangan teknologi di era digital yang sangat mudah cara aksesnya tersebut. Dengan demikian, anak Anda melek teknologi tapi juga terhindar dari dampak negatif internet.