5 Cara Merawat Tanaman Hias Sendiri di Rumah

Sumber : reddit.com

Tanaman hias akhir-akhir ini menjadi primadona dalam pemenuhan kebutuhan estetika dalam rumah. Tak heran bila banyak orang yang senang sekali memilih tanaman hias apa yang cocok untuk dirawat dalam rumah. Nah bagi kamu yang baru saja memulai untuk merawat tanaman hias sendiri, berikut lima cara merawat tanaman hias yang wajib banget kamu ikuti. so, check this out!

  1. Siram Tanaman Sesuai dengan Takaran

Menyiram tanaman merupakan hal yang paling wajib dilakukan untuk menjaga kesuburan tanaman. Ibarat manusia, tanaman hias juga butuh asupan energy seperti air untuk dikonsumsi agar tetap hidup. Jika tanaman hias yang kamu rawat mulai menampakkan tanda-tanda layu, mungkin kamu harus berpikir ulang seberapa intensitas kamu untuk menyiram tanaman. Jika sudah layu bahkan sampai kering, kamu tidak aka nada harapan lagi untuk itu. So, be carefull gaes!!

  • Pangkas Tanaman Secara Rutin

Selain di siram, tanaman hias yang telah kamu rawat perlu untuk diperhatikan keindahannya loh.. jika kamu hanya meyiramnya saja, mungkin tanaman hias itu akan tumbuh dengan sendirinya dan menghabiskan ruang dalam pot sehingga tumbuh melebar kemana-mana. Jika sudah seperti itu, tidak kah kamu takut dengan kemungkinan yang akan terjadi seperti binatang pada tanaman yang akan merembet ke bagian ruang rumahmu?

  • Cek Pencahayaan

Seperti tanaman pada umumnya, tanaman hias juga membutuhkan kondisi pencahayaan yang pas agar ia tetap hidup dan memberikan sisi energy positifnya. Cahaya matahari yang masuk akan memberikan nutrisi yang cukup bagi tanaman untuk melakukan fotosintesis. Jika kamu tetap ingin meletakkan tanaman dalam ruangan, kamu bisa memberi tanaman hias yang kamu rawat minimal satu kali dalam seminggu di luar rumah agar tanaman hias itu dapat menangkap cahaya secara jelas dan melakukan fotosintesis sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi akan tanaman hias yang layu akibat di tempatkan pada ruangan yang gelap.

  • Ganti Pot Tanaman Secara Berkala

Fungsi dari pergantian pot pada tanaman hias secara berkala bertujuan agar akar pada tanaman hias memiliki ruang yang baik sehinga dapat berkembang secara optimal. Selain itu, jangan lupakan proses fotosintesis pada tanaman hias, karena jika kamu tidak mengganti potnya, bagaimana akan tumbuh? Ada baiknya jika dilakukan pergantian pot secara berkala dengan menyesuaikan ukuran tanaman hias pada saat itu. Pilihan sistem drainase yan baik merupakan salah satu hal terpenting yang harus dipertimbangkan saat membeli pot baru untuk tanaman hias favoritmu.

  • Beri Asupan Vitamin  Pada Tanaman

Pada umumnya, vitamin diberikan untuk manusia atau pun hewan. Namun, ternyata tanaman hias juga memerlukan vitamin agar dapat tumbuh berkembang dengan sangat baik. Terutama tanaman hias yang dirawat dalam rumah. Pemberian vitamin pada tanaman hias bisa berupa pemberian pupuk sederhana yang mengandung fosfor, kalium, dan nitrogen. Biasanya, pemupukan dilakukan pada tanaman yang berada di ladang atau pun kebun. Namun, untuk tanaman hias kita bisa memberikan pupuk sederhana atau sesuai dengan takaran dalam satu pot saja agar dapat meningkatkan pertumbuhan akar, batang, dan daun pada tanaman hias.

Itulah lima cara merawat tanaman hias sendiri dalam rumah. Cukup mudah kan? Yuk biasakan cara merawat tanaman hias dengan baik agar tanaman favoritmu dapat tumbuh dengan baik dan memberikan energi positif dalam ruangan.