4 Keuntungan Konsumsi Jahe Untuk Kesehatan

Jahe dipercaya sebagai salah satu rempah yang penting sejak dahulu. Selain untuk menyedapkan makanan, ada berbagai keuntungan jahe untuk kesehatan. Di dalamnya terdapat berbagai nutrisi dan senyawa bioaktif yang baik untuk tubuh. Tanaman ini berasal dari Cina dan dapat kita temukan di Indonesia sebagai fitofarmaka.

jahe untuk kesehatan

Peran Tanaman Jahe untuk Kesehatan

  • Mengurangi Mual

Jahe dapat bermanfaat sebagai bahan untuk mengurangi rasa mual. Ekstrasi jahe umumnya terdapat pada obat untuk menekan mual dan muntah pasca operasi dan pasien yang sedang menjalani kemoterapi. Konsumsi jahe sebanyak 2 gram juga membantu para wanita hamil agar gejala morning sicknessnya berkurang. Tentunya, hal ini harus didiskusikan dengan dokter agar jumlahnya tetap aman.

  • Mengurangi Nyeri Otot

Meski efeknya tidak langsung, konsumsi jahe dapat mengurangi nyeri pada otot secara perlahan. Hal ini disebabkan oleh kandungan fenolnya yang berperan sebagai anti oksidan. Kebiasaan tradisional di Indonesia juga umumnya menggunakan parutan jahe dan beras untuk menutupi luka memar. Keampuhan tersebut disebabkan oleh sifat jahe yang sebagai anti inflamasi.

  • Menurunkan gula darah

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi jahe bubuk sehari-hari dapat menurunkan gula darah. Bagi penderita diabetes tipe 2, hal ini akan sangat membantu untuk mengoptimalkan gula darah di level normal. Tekanan darah yang normal juga dapat mengurangi risiko terserangnya jantung koroner. Ada baiknya jenis jahe yang dikonsumsi adalah bibit jahe merah.

  • Mengobati masalah pencernaan

Tidak heran jika jahe menjadi bahan utama di berbagai obat untuk masalah pencernaan. Masalah tersebut meliputi perut kembung, mual, dan susah buang air besar. Jahe berperan besar untuk mengosongkan perut dalam waktu yang cepat. Sup atau kuah yang mengandung bahan jahe dapat mempercepat proses pengosongan perut hanya dalam 12 menit saja.

Peran jahe untuk kesehatan yang cukup besar, tak heran jika dijuluki sebagai superfood. Jika Anda kesulitan untuk mendapatkan jahe dalam bentuk akar, Anda bisa memanfaatkan dalam bentuk bubuk. Di beberapa toko groseri maupun toko obat, malah jahe sudah dijual sebagai kaplet suplemen. Harganya juga dibanderol lebih murah daripada suplemen dengan kandungan lain.