Ketahuilah 6 Bahan Alami untuk Obat Sakit Gusi Bengkak Anda

obat sakit gusi bengkak

Bagi Anda yang  sedang mengalami sakit gusi bengkak, perlu mengetahui apa saja obat sakit gusi bengkak yang alami dan aman untuk kesehatan. Sakit gigi yang dikarenakan oleh gusi bengkak akan membuat kegiatan Anda tidak berjalan secara maksimal. Sakit gusi bengkak memang bukanlah penyakit yang sangat berbahaya. Namun, jika Anda meremehkan hal tersebut, Anda akan mengalami beberapa masalah yang lebih kompleks. Seperti contohnya tidak nafsu makan, pipi menjadi lebih besar dari biasanya, bau mulut yang disebabkan oleh gusi bengkak, hingga demam.

Gusi bengkak dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya iritasi yang dikarenakan makanan tertentu, obat-obatan, kawat gigi, ataupun bahan pada pasta gigi. Penyebab lainnya juga seperti penumpukan sisa makanan yang akan memunculkan plak dan tartar pada sekitar gusi dan gigi. Orang yang mengalami sakit gusi bengkak akan merasakan ngilu dan nyeri pada daerah gusi. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah beberapa obat sakit gusi bengkak yang alami meredakan sakit gusi bengkak Anda.

1. Bawang Merah dan Bawang Putih

Tidak banyak yang mengetahui bahwa kedua bahan dapur ini sangat ampuh meredakan sakit gusi bengkak Anda. Kandungan antiseptiknya dapat membunuh kuman di sekitar gusi yang bengkak. Caranya dengan menghaluskan salah satu bahan tersebut bersama 1 sendok teh garam lalu tempelkan pada gusi bengkak.

2. Garam

Bahan ini sudah tidak diragukan lagi karena kandungan sodiumnya sangat ampuh  membasmi bakteri penyebab plak dan tartar. Caranya dengan berkumur dengan air hangat yang dicampur garam.

3. Cengkeh

Cengkeh juga dipercaya efektif meredakan sakit gusi Anda. Caranya dengan menumbuk halus lalu ditempelkan pada bagian yang sakit.

4. Jeruk Nipis dan Lemon

Kedua buah ini dapat menjadi pilihan Anda. Caranya dengan berkumur air hangat yang sudah dicampur dengan salah satu bahan tersebut. Ini dipercaya dapat menghilangkan kuman pada mulut Anda.

Penanganan yang baik akan mencegah munculnya masalah lain yang berkelanjutan akibat dari membengkaknya gusi. Demikian adalah obat sakit gusi bengkak yang dapat Anda terapkan dengan mudah dan tidak memberikan efek samping.